Beranda » Blog » Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Diposting pada 10 Oktober 2021 oleh admin / Dilihat: 72 kali / Kategori:
Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Menghitung Kebutuhan Kayu Per Kubik

Kayu merupakah salah satu material yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Sedangkan perhitungan volume kayu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Uraian berikut mungkin dapat memberikan gambaran tentang Cara Menghitung Kubikasi Kayu yang dapat dilakukan.

Bagi Anda yang khususnya sedang menekuni usaha perkayuan atau mebel furniture, sudah pasti harus mengerti dasar-dasar menghitung volume kayu. Hal ini sangat penting agar Anda dapat mengetahui biaya yang diperlukan saat akan membeli kayu yang berkualitas.

Kita ketahui, Kubikasi atau volume kayu sendiri adalah nilai dari besaran volume yang ada pada kayu, yang dalam penghitungannya menggunakan satuan meter kubik (m³). Apabila Anda sudah mengetahui nilai kubikasi atau volume dari sebatang kayu, maka Anda dapat memperkirakan atau mengetahui harga dari kayu tersebut berdasarkan nilai kubikasi ataupun volumenya.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000. (Cara menghitung kubikasi kayu gelondong sama dengan menghitung volume tabung dalam matematika, dimana panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter D adalah diameter kayu cm).

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kayu?

Harga kayu per meter kubik dapat digunakan untuk menghitung total biaya pekerjaan kayu yang dapat diketahui dengan cara menghitung terlebih dahulu kebutuhan kayu per m3. Kemudian mengalikanya dengan harga satuan sehingga didapatkan jumlah harga secara keseluruhan.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000.

Contoh :

Seseorang membeli sebuah kayu gelondong dengan diameter 25 cm dan panjangnya 2 m. Maka nilai kubikasi sesuai rumus diatas adalah (2 x 25 x 25 x 0,7854) : 10.000 = 0,098175 m³.

Nilai kubikasi kayu yang diperoleh dari rumus ini hampir sama (sedikit lebih rendah) dengan nilai kubikasi kayu yang ada pada tabel kubikasi kayu log perhutani.

Menghitung Kebutuhan Pada Kusen Pintu

Misalnya kita akan membuat Sebuah Kusen pintu kayu ukuran lebar 80 cm dan tinggi pintu 210 cm, dimensi kayu yang digunakan adalah 6 cm x 10 cm. Berapa m3 kebutuhan kayu yang harus diadakan untuk pembuatan kusen pintu kayu tersebut? Mari kita hitung bersama.

Dua batang horizontal panjang masing-masing 2,1 m serta batang vertical dengan panjang 0,8 m yang jika ditotal panjang keseluruhan adalah 2,1+2,1+0,8=5m kayu. Luas penampang kayu dengan ukuran 0,06 m x 0,10 m adalah 0,006 m2 jadi total volume kayu adalah 5m x 0,006 m2 = 0,03 meter kubik.

Jika kayu yang digunakan dari jenis kamper dengan harga kayu per meter kubik Rp.5.000.000,00, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kayu pintu tersebut sebesar 0,03 m3 x Rp. 5.000.000,00 = Rp. 150.000,00.

Demikian artikel singkat Cara Menghitung Kubikasi Kayu, semoga dapat dimengerti. Terima Kasih.

 

Baca juga :

 

Tags: ,

Bagikan ke

Cara Menghitung Kubikasi Kayu - Harga Kayu

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Harga Kayu Terbaru Untuk Bangunan

Diposting oleh admin

Harga kayu pada jaman modern saat ini relatif masih stabil dan jarang mengalami naik turun karena faktanya masyarakat masih banyak menggunakan kayu sebagai salah satu bahan bangunan. Produksi kayu pun terbilang masih cukup banyak karena perusahaan produsen kayu menggunakan sistem tanam tebang dimana usia pohon yang sudah cukup panen akan ditebang dan sebagai gantinya menanam bibit…

Selengkapnya
18 Jul

Pengertian dan Jenis-Jenis Kayu Yang Ada di Indonesia

Diposting oleh admin

Berikut adalah ulasan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Kayu Yang Ada di Indonesia. Simak dan baca selengkapnya agar Anda dapat mengambil informasi yang benar pada artikel ini. Mari kita tingkatkan pengetahuan dalam memahami material ini agar kita dapat menghasilkan nilai tambah dari berbagai material mentah yang disediakan oleh alam seperti kayu. Contents1 Pengertian dan Jenis-Jenis Kayu…

Selengkapnya
15 Agu

Harga Kayu Triplek Phenolic Per Lembar

Diposting oleh admin

Contents1 Kayu Triplek Phenolic2 Ukuran Kayu Triplek Phenolic3 Harga Kayu Triplek Phenolic Terbaru Per Lembar Kayu Triplek Phenolic Jenis kayu triplek phenolic adalah papan multiplek kayu lapis yang memungkinkan untuk film pada satu sisi atau kedua sisinya. Triplek ini banyak digunakan karena memiliki sifat tahan terhadap udara. Berikut simak ulasan Harga Kayu Triplek Phenolic di…

Selengkapnya
9 Nov

Harga Kayu Balok Per Batang Terbaru

Diposting oleh admin

Balok kayu merupakan kayu yang telah dipotong dengan ukuran tertentu menyerupai bentuk persegi empat yang memanjang. Berikut Harga Kayu Balok. Contents1 Harga Kayu Balok Per Batang2 Fungsi Kayu Balok3 Ukuran Kayu Balok4 Tips Memilih Kayu Balok5 Jenis-Jenis Kayu Balok5.1 Kayu Balok Kamper 6×125.2 Kayu Balok Kamper 8×125.3 Kayu Balok Meranti 6×125.4 Kayu Balok Meranti 8×125.5…

Selengkapnya
15 Agu

Harga Kayu Kamper Terbaru Bermacam Ukuran

Diposting oleh admin

Kami merangkum segenap informasi mengenai kayu kamper yang harus Anda tahu sebelum membelinya. Salah satu daya tarik kayu ini adalah sangat tahan banting dan tahan terhadap serangan rayap. Mari kita simak ulasan tentang harga kayu kamper beserta harganya. Contents1 Mengapa Kayu Kamper Tahan Rayap?2 Asal Usul Kayu Kamper3 Ciri-ciri Kayu Kamper4 Kelebihan Kayu Kamper5 Kekurangan…

Selengkapnya
9 Nov

Harga Kayu Usuk Sesuai Jenis dan Ukuran

Diposting oleh admin

Kayu usuk adalah bagian dalam bangunan yang berfungsi sebagai penguat konstruksi atap atau untuk membuat tatakan reng. Berbentuk memanjang dengan ukuran kayu yang tidak terlalu besar. Dan biasanya kayu usuk ini dipakai untuk bahan dasar pembuatan berbagai macam pendukung dalam proses membuat rumah. Penggnuaan kayu usuk tersebut juga bisa dikatakan metode lama, dimana saat ini…

Selengkapnya
15 Agu