Beranda » Blog » Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Diposting pada 10 Oktober 2021 oleh admin / Dilihat: 51 kali / Kategori:
Menghitung Kebutuhan Kayu Per Kubik

Menghitung Kebutuhan Kayu Per Kubik

Kayu merupakah salah satu material yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Sedangkan perhitungan volume kayu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Uraian berikut mungkin dapat memberikan gambaran tentang langkah perhitungan yang dapat dilakukan.

 

sementara seperti bekisting atau yang bersifat permanen seperti rangka atap rumah dan kusen pintu jendela.

 

 

Misalnya kita akan membuat Sebuah Kusen pintu kayu ukuran lebar 80 cm dan tinggi pintu 210 cm, dimensi kayu yang digunakan adalah 6 cm x 10 cm berapa m3 kebutuhan kayu yang harus diadakan untuk pembuatan kusen pintu kayu tersebut? Mari kita hitung bersama dengan sebelumnya melihat gambar pintu adalah sebagai berikut yang dibuat dengan software desain rumah Autocad.

Pada gambar pintu diatas dapat kita lihat terdapat dua batang horizontal panjang masing-masing 2,1 m serta batang vertical dengan panjang 0,8 m yang jika ditotal panjang keseluruhan adalah 2,1+2,1+0,8=5m kayu,luas penampang kayu dengan ukuran 0,06 m x 0,10 m adalah 0,006 m2 jadi total volume kayu adalah 5m x 0,006m2 = 0,03 meter kubik, jika kayu yang digunakan dari jenis kamper dengan harga kayu per meter kubik Rp.5.000.000,00 maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kayu pintu tersebut sebesar 0,03m3 x Rp.5.000.000,00 = Rp.150.000,00. Selanjutnya datang ke toko bangunan untuk membeli kayu sebanyak 0,03m3 dengan membawa uang sebesar Rp.150.000,00 begitulah kurang lebih cara menghitung kebutuhan kayu per meter kubik selamat berhitung.

 

Bagi Anda yang khususnya sedang menekuni usaha perkayuan atau mebel furniture, sudah pasti harus mengerti dasar-dasar menghitung volume kayu. Hal ini sangat penting agar Anda dapat mengetahui biaya yang diperlukan saat akan membeli kayu yang berkualitas. Kubikasi atau volume kayu sendiri adalah nilai dari besaran volume yang ada pada kayu, yang dalam penghitungannya menggunakan satuan meter kubik (m³). Apabila Anda sudah mengetahui nilai kubikasi atau volume dari sebatang kayu, maka Anda dapat memperkirakan atau mengetahui harga dari kayu tersebut berdasarkan nilai kubikasi ataupun volumenya.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000

Nb : cara menghitung kubikasi kayu gelondong sama dengan menghitung volume tabung dalam matematika, dimana panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter D adalah diameter kayu (cm).

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kayu?

Harga kayu per meter kubik dapat digunakan untuk menghitung total biaya pekerjaan kayu yang dapat diketahui dengan cara menghitung terlebih dahulu kebutuhan kayu per m3 kemudian mengalikanya dengan harga satuan sehingga didapatkan jumlah harga secara keseluruhan.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000

Nb : cara menghitung kubikasi kayu gelondong sama dengan menghitung volume tabung dalam matematika, dimana panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter D adalah diameter kayu (cm).

Contoh : Seseorang membeli sebuah kayu gelondong dengan diameter 25 cm dan panjangnya 2 m. Maka nilai kubikasi sesuai rumus diatas adalah (2 x 25 x 25 x 0,7854) : 10.000 = 0,098175 m³.

Nb : Nilai kubikasi kayu yang diperoleh dari rumus ini hampir sama (sedikit lebih rendah) dengan nilai kubikasi kayu yang ada pada tabel kubikasi kayu log perhutani.

 

Tags:

Bagikan ke

Cara Menghitung Kubikasi Kayu - Harga Kayu

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

15 Agu

Cara Memilih Ketam Kayu dan Penggunaannya

Diposting oleh admin

Ketam kayu dalam hal perkayuan masih menjadi alat bantu manual yang diperlukan oleh tukang kayu di dalam bengkel kayu atau di pabrik besar sekalipun. Walaupun termasuk alat yang sangat sederhana, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting terkait penggunaannya sebelum memilih jenis ketam kayu yang paling tepat. Ketam panjang dengan ukuran lebih dari 35 sentimeter misalnya,…

Selengkapnya
10 Okt

Harga Kayu Galar Per Batang Terbaru

Diposting oleh admin

Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu dipakai untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya. Ukuran kayu biasanya digunakan untuk menamai kayu…

Selengkapnya
9 Nov

Harga Kayu Usuk

Diposting oleh admin Selengkapnya
15 Agu

Harga Kayu Reng, Jenis dan Fungsinya Untuk Bangunan

Diposting oleh admin

Rangka atap kayu terdiri dari beberapa bagian yang terdiri dari kuda-kuda, kaso (usuk), gording, dan reng. Setiap bagian memiliki fungsi berbeda-beda. Nah pada artikel kali ini kami hanya membahas mengenai Harga Kayu Reng yang merupakan salah satu bagian paling penting dari konstruksi sebuah atap. Kayu reng adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam konstruksi…

Selengkapnya
9 Nov

Harga Kayu Kaso

Diposting oleh admin Selengkapnya
15 Agu