Cara Menghitung Kubikasi Kayu

Cara Menghitung Kubikasi Kayu
Menghitung Kebutuhan Kayu Per Kubik

Kayu merupakah salah satu material yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan. Sedangkan perhitungan volume kayu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Uraian berikut mungkin dapat memberikan gambaran tentang Cara Menghitung Kubikasi Kayu yang dapat dilakukan.

Bagi Anda yang khususnya sedang menekuni usaha perkayuan atau mebel furniture, sudah pasti harus mengerti dasar-dasar menghitung volume kayu. Hal ini sangat penting agar Anda dapat mengetahui biaya yang diperlukan saat akan membeli kayu yang berkualitas.

Kita ketahui, Kubikasi atau volume kayu sendiri adalah nilai dari besaran volume yang ada pada kayu, yang dalam penghitungannya menggunakan satuan meter kubik (m³). Apabila Anda sudah mengetahui nilai kubikasi atau volume dari sebatang kayu, maka Anda dapat memperkirakan atau mengetahui harga dari kayu tersebut berdasarkan nilai kubikasi ataupun volumenya.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000. (Cara menghitung kubikasi kayu gelondong sama dengan menghitung volume tabung dalam matematika, dimana panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter D adalah diameter kayu cm).

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Kayu?

Harga kayu per meter kubik dapat digunakan untuk menghitung total biaya pekerjaan kayu yang dapat diketahui dengan cara menghitung terlebih dahulu kebutuhan kayu per m3. Kemudian mengalikanya dengan harga satuan sehingga didapatkan jumlah harga secara keseluruhan.

Cara yang biasanya digunakan untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong adalah : nilai kubikasi = (P x D x D x 0,7854) : 10.000.

Contoh :

Seseorang membeli sebuah kayu gelondong dengan diameter 25 cm dan panjangnya 2 m. Maka nilai kubikasi sesuai rumus diatas adalah (2 x 25 x 25 x 0,7854) : 10.000 = 0,098175 m³.

Nilai kubikasi kayu yang diperoleh dari rumus ini hampir sama (sedikit lebih rendah) dengan nilai kubikasi kayu yang ada pada tabel kubikasi kayu log perhutani.

Menghitung Kebutuhan Pada Kusen Pintu

Misalnya kita akan membuat Sebuah Kusen pintu kayu ukuran lebar 80 cm dan tinggi pintu 210 cm, dimensi kayu yang digunakan adalah 6 cm x 10 cm. Berapa m3 kebutuhan kayu yang harus diadakan untuk pembuatan kusen pintu kayu tersebut? Mari kita hitung bersama.

Dua batang horizontal panjang masing-masing 2,1 m serta batang vertical dengan panjang 0,8 m yang jika ditotal panjang keseluruhan adalah 2,1+2,1+0,8=5m kayu. Luas penampang kayu dengan ukuran 0,06 m x 0,10 m adalah 0,006 m2 jadi total volume kayu adalah 5m x 0,006 m2 = 0,03 meter kubik.

Jika kayu yang digunakan dari jenis kamper dengan harga kayu per meter kubik Rp.5.000.000,00, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli kayu pintu tersebut sebesar 0,03 m3 x Rp. 5.000.000,00 = Rp. 150.000,00.

Demikian artikel singkat Cara Menghitung Kubikasi Kayu, semoga dapat dimengerti. Terima Kasih.

 

Baca juga :

 

You might like

Tinggalkan Balasan