Harga Kayu Ulin Berbagai Ukuran

Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) atau biasa disebut kayu besi adalah salah satu kayu yang terkenal dan terkuat di habitatnya hutan Kalimantan. Ada berbagai nama daerah untuk Ulin, antara lain bulian, bulian rambai, onglen (Sumatera Selatan), belian, tabulin, telian, tulian dan ulin (Kalimantan). Berkut ulasan Harga Kayu Ulin, yuk simak.

Nama lain dari pohon ulin adalah pohon kayu besi. Dan sebenarnya, pohon ulin (eusideroxylon zwageri) adalah salah satu pohon yang terkenal dari hutan Kalimantan Timur dengan ciri kayu yang keras dan kuat, warna gelap, dan tahan terhadap air laut.

Tinggi pohon ulin mencapai 50 meter dengan diameter hingga 120 cm. Selain itu, pohon ini banyak ditemukan di dataran rendah.

Pohon ini agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Sementara, di bagian bawah pohon, terdapat bagian yang berlubang. Jenis kayu dari pohon ulin tidak mudah lapuk, baik di air maupun daratan. Itulah sebabnya, kayu ini banyak dipakai sebagai bahan bangunan khususnya untuk rumah yang didirikan di atas tanah berawa.

Sementara itu, proses pemuliaan alami di hutan bekas tebangan umumnya kurang berjalan dengan baik. Perkecambahan biji ulin membutuhkan waktu cukup lama sekitar 6-12 bulan dengan persentase keberhasilan relatif rendah. Apalagi, produksi buah tiap pohon umumnya juga sedikit.

Biji ulin lebih suka ditiriskan baik tanah, tanah liat berpasir ke tanah liat, kadang-kadang batu kapur. Hal ini umumnya ditemukan di sepanjang sungai dan bukit-bukit yang berdekatan. Hal ini membutuhkan rata-rata curah hujan tahunan 2500-4000 mm.

Harga Kayu Ulin
Harga Kayu Ulin

Harga Kayu Ulin Berbagai Ukuran

Jenis KayuUkuran (mm)Harga (RP)Satuan
Kayu Ulin2x10x200IDR 250.000Batang
Kayu Ulin19x100x1200IDR 700.000m2
Kayu Ulin19x90x1200IDR 650.000m2
Kayu Ulin19x80x1200IDR 500.000m2
Kayu Ulin17x80x1200IDR 375.000m2
Kayu Ulin18x80x1200IDR 450.000m2
Kayu Ulin20x10x1200IDR 750.000m2

Manfaat Kayu Ulin

Dikenal sebagai kayu besi yang kuat dan andalan dalam segi konstruksi, kayu ini juga memiliki manfaat lainnya yang bermanfaat untuk lingkungan dan kehidupan manusia. Manfaat pertama yang dapat Pins temukan dari jenis kayu ini adalah dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku furnitur rumah.

Dengan karakteristiknya yang kuat dan keras, furniture yang menggunakan kayu ini otomatis memiliki umur yang panjang dan tahan lama. Tidak heran jika furnitur yang memakai bahan kayu ini dapat dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, mengingat populasinya yang mulai terbatas. ‘

Pemanfaatan pohon kayu asal Kalimantan ini lainnya yang dapat Pins temukan adalah sebagai perhiasan, aksesoris, ataupun ornamen. Cinderamata yang dihasilkan dari olahan kayu ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan emas dan permata. Guratan dari ukiran kayu ini dapat memukau perhatian peminatnya. Banyak juga ornamen rumah seperti patung yang terpajang indah dihasilkan dari pahatan kayu asli Kalimantan ini.

Selain berbagai manfaat di atas yang tergolong sebagai hasil fisik, kayu ini ternyata juga mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia lho. Pohon ulin memiliki biji yang dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghitamkan rambut, mengatasi bengkak, dan mencegah rambut cepat beruban. Biji dari pohon ulin tersebut dihaluskan dan diolah menjadi minyak atau cairan lainnya sesuai kebutuhan.

Karakteristik Kayu Ulin

Memiliki Daya Tahan yang Bagus

Indonesia memiliki jenis kayu yang jumlahnya sangat banyak. Namun, banyak di antaranya yang tidak tahan dengan serangan rayap dan mudah lapuk. Salah satu jenis kayu yang tahan terhadap serangan tersebut adalah kayu ulin. Kayu pohon ulin dikatakan memiliki daya tahan yang bagus karena kandungan alaminya.

Selain tahan terhadap serangan rayap, kayu ini juga tahan dari serangan kelembaban, perubahan suhu dan faktor lingkungan lainnya. Hal ini kemudian membuatnya tidak mengalami perubahan bentuk seperti patah dan melengkung meski berada dalam kondisi lingkungan apa saja.

Memiliki Tekstur Kasar dan Keras

Kayu pohon ulin seringkali dipilih sebagai material pembuatan pondasi rumah dikarenakan memiliki tekstur yang kasar dan juga keras. Memiliki tekstur yang keras membuat kayu ini menjadi cukup sulit dipotong dan juga dipaku. Butuh waktu cukup lama jika menggunakan kayu ini untuk pembuatan pondasi rumah.

Memiliki Aroma yang Khas

Setiap jenis kayu memiliki aroma sendiri-sendiri yang begitu khas. Aroma yang menjadi ciri khas setiap jenis kayu bisa membuat siapa saja yang menciumnya merasakan ketenangan dan membawa nuansa natural pada rumah.

Kayu ulin menjadi salah satu jenis kayu yang memiliki aroma yang begitu khas. Aroma khas ini menjadi salah satu daya tarik kayu ini untuk dijadikan material bangunan. Meski dijual dengan harga yang cukup mahal tetapi kayu ini tetap banyak peminatnya.

Memiliki Nilai Ekonomi yang Tinggi

Seperti yang disebutkan diatas bahwasanya kayu ulin dijual dengan harga yang cukup mahal. meski begitu permintaan kayu ini justru mengalami peningkatan. Alasannya karena kayu ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Selain itu, meningkatnya permintaan kayu ini dikarenakan masyarakat memilihnya unti dijadikan bahan utama konstruksi bangunan. Tidak hanya itu saja, tetapi juga digunakan untuk bahan pembuatan furniture, seperti meja maupun kursi.

Kayu Ulin Sangat Kuat dan Awet

Kelebihan selanjutnya dari kayu ini adalah sangat kuat dan awet. Kayu ini dikatakan kuat dan awet dikarenakan memiliki tekstur kasar dan keras. Kekuatan yang dimilikinya berada pada tingkat kuat I. Sedangkan tingkat keawetannya berada pada tingkat awet I. Tidak heran jika kayu ini dipilih untuk material bangunan.

Bisa Mempertahankan Ekologi Alam

Keberadaan pohon ulin di hutan Kalimantan menjadi rumah favorit bagi orang utan. Bahkan bagian daun yang masih muda pohon ulin biasanya dimakan oleh hewan tersebut. Tidak hanya itu saja, keberadaan pohon ini juga berfungsi untuk menjaga kadar air dalam tanah sehingga bisa mencegah terjadinya longsor.

Penutup

Dunia internasional sudah menyadari bahwa pohon ini masuk dalam tumbuhan langka. Komunitas konservasi internasional International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan spesies ini ke dalam Daftar Merah (the IUCN Red List of Threatened Species) dengan status vulnerable (rentan).

Penebangan berlebihan atas pohon ini untuk industri bangunan, menjadikan kayu ulin makin hari makin sedikit dan harganya menjadi mahal, karena permintaannya sangat tinggi. Walaupun harganya tinggi, masih sedikit masyarakat yang melakukan pembudidayaan ulin. Karena itulah bila hal ini terjadi secara terus menerus, bukan tidak mungkin pohon ulin akan semakin langka bahkan punah.

 

Baca juga :

 

You might like

Tinggalkan Balasan