Harga Kayu Usuk Sesuai Jenis dan Ukuran

Kayu usuk adalah bagian dalam bangunan yang berfungsi sebagai penguat konstruksi atap atau untuk membuat tatakan reng. Berbentuk memanjang dengan ukuran kayu yang tidak terlalu besar. Dan biasanya kayu usuk ini dipakai untuk bahan dasar pembuatan berbagai macam pendukung dalam proses membuat rumah.

Penggnuaan kayu usuk tersebut juga bisa dikatakan metode lama, dimana saat ini sudah banyak yang beralih menggunakan rangka atap baja ringan karena dinilai memiliki perhitungan biaya yang lebih murah dan juga kekuatan yang awet dan tahan lama.

Namun, tak jarang kayu ini juga masih banyak digunakan. Berikut jenis-jenis kayu usuk sebagai tambahan informasi.

Harga Kayu Usuk
Harga Kayu Usuk

Jenis-Jenis Kayu Usuk

Kayu Usuk Jati

Kayu Jati adalah jenis kayu yang paling disukai oleh banyak orang. Kebanyakan orang menggunakan kayu ini sebagai pintu, kusen jendela atau furnitur. Tidak jarang pula kayu ini dijadikan model kayu usuk untuk dijadikan sebagai plafon. Kayu jati disukai karena memiliki kualitas yang cukup baik dan memiliki daya tahan cukup lama.

Lalu berapakah harga kayu usuk jati? Kayu usuk Jati memiliki harga yang beragam untuk setiap ukuran. Namun produk yang tersering adalah kayu dengan ukuran 5×7 yang dihargai Rp 30.000/m. Harga ini adalah harga kayu bekas yang mungkin dapat berubah sewaktu-waktu

Kayu Usuk Kelapa

Kayu kelapa adalah kayu yang banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Bahkan digunakan untuk jembatan penyebrangan. Dan membuktikan bahwa kayu ini adalah kayu yang kuat. Bahan Kayu kelapa atau glugu juga banyak dijadikan sebagai bahan pembuat kayu ulin. Harga kayu usuk glugu ini pun cukup murah, yaitu Rp 2.750.000/M3.

Kayu Usuk Sengon

Selain Glugu, kayu sengon juga sering dijadikan sebagai bahan kayu usuk. Adapun harga kayu usuk sengon ini adalah Rp 8.000/batang untuk ukuran 4x6x2meter. Ukuran ini dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan. Dan harga akan mengikuti ukuran kayu yang dibutuhkan, serta jenis dari kayu tersebut.

Kayu Bengkirai

Jenis Kayu Bengkirai adalah kayu yang sangat terkenal di dalam ataupun di luar negeri. Kayu ini banyak digunakan untuk produk-produk ekspor khususnya untuk eksterior taman. Adapun kayu ini juga biasa digunakan untuk menjadi kayu usuk. kayu usuk bengkirai ini adalah Rp 9.750.000/M3 untuk ukuran kayu 5x7x400cm.

Kayu Usuk Meranti

Tidak kalah dengan kayu bengkirai, Meranti juga digunakan untuk menjadi bahan kayu usuk. Kayu meranti juga memiliki ketahanan kayu yang cukup baik. Serta biasa digunakan untuk kusen ataupun furnitur rumah yang lainnya. Lalu berapakah harga kayu usuk Meranti ini? Kayu ini memiliki harga Rp 57.500/batangnya. Dan ini untuk ukuran kayu 5X7X4meter, sebagai ukuran kayu yang paling sering digunakan menjadi kayu usuk.

Kayu Usuk Kalimantan

Kayu Kalimantan atau yang juga dikenal dengan kayu Borneo adalah salah satu jenis kayu yang banyak digunakan masyarakat. Bukan hanya karena memiliki kualitas terbaik, kayu borneo juga tergolong kayu yang mudah dibentuk. Jadi, tidak heran banyak orang yang menggunakannya untuk dijadikan furnitur bahkan kayu usuk.

Kebanyakan orang yang menggunakan kayu usuk menjadikannya untuk kebutuhan pembangunan taman ataupun dijadikan sebagai pagar rumah. Mengingat pentingnya kayu ini, harga kayu usuk borneo adalah Rp 57.000/batang, untuk ukuran 5x7x4. Harga adalah harga pasaran dan mungkin saja terjadi perubahan sewaktu-waktu.

Harga Kayu Usuk Berbagai Ukuran

Jenis & Ukuran Kayu UsukHarga Kayu Usuk
Kayu Usuk Meranti 4x6x400cm IDR     35.000
Kayu Usuk Meranti 5x7x400cm IDR     41.500
Kayu Usuk Borneo 4x6x400cm IDR     30.500
Kayu Usuk Borneo 5x7x400cm IDR     45.500
Kayu Usuk Kamper 4x6x400cm IDR     54.500
Kayu Usuk Kamper 5x7x400cm IDR     72.500

Kayu usuk memiliki banyak jenis pembuat serta banyak ukuran kayu tersebut. Namun kayu usuk yang paling sering digunakan adalah ukuran 5/7 ataupun 4/6. Namun tidak hanya ukuran ini yang dapat biasa digunakan, mungkin saja kayu dapat berukuran 7/9 ataupun 11/13.

Artinya, kayu ini dapat berubah sesuai dengan kebutuhan si klien. Dan tentu harganya sesuai dengan ukuran kayu yang diminta oleh klien. Harga kayu usuk 5/7 di pasaran biasanya adalah Rp 72.500/batang.

Harga ini adalah harga kayu jenis Kamper yang memiliki kualitas cukup baik. Sedangkan untuk kayu ukuran 4/6 adalah Rp 54.500/batang. Kembali lagi harga ini adalah harga yang ada dipasaran dan mungkin dapat berubah. Jadi, Anda harus rajin untuk mengupdate harga dalam beberapa minggu sekali.

Kesimpulan

Sudah mengetahui kayu usuk, jadi kayu mana yang akan Anda jadikan pilihan? Pilihlah kayu yang benar-benar dibutuhkan oleh Anda. Jangan sampai kayu yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan dan akhirnya tidak digunakan dan menjadi percuma.

 

Baca juga :

 

You might like

Tinggalkan Balasan